Manfaat Konsumsi Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

ulasyuk.com  - Bawang putih memiliki bawang manfaat yang terkandung didalamnya, selain berguna sebagai bumbu dapur rempah ini juga sangat berguna dalam menjaga kesehatan tubuh. Hal yang paling umum dari manfaat bawang putih ini adalah dapat menurunkan kadar kolesterol. Didalam artikel ini akan dibahas apa saja manfaat lainnya yang terkandung didalam bawang putih.

Kandungan Bawang Putih

Bawang putih ini memiliki beberapa kandungan yang berkhasiat dalam menjaga kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi tersebut adalah : karbohidrat, kalori, serat, protein, kalsium, vitamin C, antioksidan, selenium, asam amino, flavonoid, dan oligosakarida.

Manfaat Bawang Putih

Setelah membahas sedikit tentang manfaat dan juga kandungan yang ada di bawang putih, sudah saatnya untuk membahas manfaat dari rempah ini. Manfaat dari bawang putih tersebut akan dijelaskan dibawah ini :

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat pertama dari bawang putih adalah dapat menurunkan kolesterol, mengonsumsi bawang putih secara berkal dapat menurunkan kadar kolesterol seseorang. Cara pemakaiannya adalah dengan cara menghaluskan ataupun mengunyah bawang ini secara langsung.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang sudah dituliskan diatas bahwa bawang ini berguna untuk menurunkan kolesterol yang mana kolesterol ini sangat buruk bagi kesehatan jantung. Penyakit jantung sendiri terjadi karena adanya penumpukan kolesterol di pembuluh darah seseorang. Penyakit ini sering disebut dengan penyakit jantung koroner. Oleh sebab itu mengonsumsi bawang putih baik untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Menstabilkan Tekanan Darah

Bagi seseorang yang menderita penyakit hipertensi mengonsumsi bawang putih merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Hal tersebut karena bawang ini berkhasiat untuk menurunkan dn juga menstabilkan tekanan darah. Cara kerja dari kandungan yang ada didalam bawang putih ini adalah dengan memperlebar pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah seseorang.

4. Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Manfaat selanjutnya dari mengonsumsi bawang ini adalah dapat menurunkan terjadinya risiko penyakit kanker didalam tubuh. Perlu diingat kembali bahwa bawang ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik dalam menangkal radikal bebas. Oleh sebab itu memakan rempah ini secara rutin dapat menurunkan risiko terkena kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker perut, dan kanker kerongkongan.

5. Dapat Mengatasi Jerawat

Pada dasarnya jerawat merupakan suatu peradangan yang terjadi di wajah seseorang, dengan menggunakan bawang putih maka peradangan tersebut akan teratasi. Hal tersebut memungkinkan karena bawang ini memiliki kandungan yang bersifat anti jamur, anti bakteri dan lainnya yang mampu meredakan peradangan jerawat.

Aturan Pakai

Untuk aturan pakai ataupun batas dari mengonsumsi dari bawang ini untuk satu harinya dapat dikonsumsi sebanyak 1-4 siung bawang putih.

Demikian pembahasan artikel mengenai beberapa manfaat konsumsi bawang putih bagi kesehatan tubuh. Diharapkan untuk selalu menjaga kesehatan dan tetap menjalankan 3M, semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.