Daftar Tes Antibodi Covid-19 Yang Ada Di Laboratorium Prodia Lampung


ulasyuk.com  -Seiring berjalannya waktu virus corona mewabah cukup parah disetiap daerah yang ada di indonesia. Salah satu tindakan pemerintah dalam menekan jumlah pasien covid-19 ini adalah dengan melakukan vaksinasi. Dengan melakukan vaksin maka tubuh akan membentuk antibodi yang dapat melawan virus covid-19. Saat ini sudah ada pelayanan kesehatan yang menyediakan layanan melakukan tes antibodi untuk covid. Yang mana salah satu instalasi kesehatan yang menyediakan layanan tersebut adalah laboratorium prodia lampung.

Tes Antibodi Covid-19

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa layanan kesehatan ini berguna untuk melakukan pengetesan antibodi tubuh terhadap virus corona. Untuk mengetahui jenis tes antibodi apa saja yang ada di laboratorium klinik prodia ini, akan dijelaskan dibawah ini :

Tes Antibodi Kuantitatif Covid-19

Tes antibodi kuantitatif covid-19 adalah suatu tes antibodi untuk covid-19 yang dilakukan dengan cara melakukan pengetesan darah. Tes antibodi kuantitatif untuk covid-19 ini dilakukan agar dapat mengetahui jumlah antibodi yang spesifik yang ada didalam tubuh.

Antibodi tersebut dapat dikatakan dengan SARS-COV-2, kemudian tes ini juga dapat menunjukan hasil dari respon kekebalan tubuh seseorang terhadap virus sars-cov-2 ini.

Tes Serologi Covid-19

Selanjutnya tes serologi covid-19 atau tes antibodi serologi kualitatif merupakan suatu tes anti sars cov 2 yang dilakukan dengan melakukan tes darah. Tes serologi kualitatif ini berguna untuk mengetahui ataupun mendeteksi keberadaan dari antibodi ini yang ada didalam tubuh. Didalam tes ini dapat dilakukan dengan menggunakan 2 (dua) cara yaitu :

1. Berupa rapid test SARS-COV-2

Pada tes ini dilakukan dengan menggunakan satu tetes darah untuk dapat mendeteksi virus sars cov 2 yang ada didalam tubuh.

2. Tes antibodi kualitatif

Selanjutnya untuk tes antibodi kualitatif sendiri dilakukan dengan melakukan pengetesan pada sampel darah dari pembuluh vena. Tes serologi ini berguna untuk mengetahui apakah seseorang yang sudah sembuh dari covid ataupun seseorang yang baru terinfeksi virus ini.

Demikian pembahasan artikel tentang tes antibodi covid-19 yang ada di laboratorium klinik prodia lampung. Perlu diingat rangkaian pemeriksaan tes antibodi kuantitatif ataupun serologi kualitatif tidak dapat digunakan untuk mendiagnonis seseorang terpapar virus covid-19 atau tidak.

Tes antibodi ini dilakukan untuk mengetahui keberadaan virus sars cov 2 yang ada didalam tubuh seseorang. Diharapkan untuk tetap menjaga kesehatan bagi setiap orang, semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.