Daftar Hal Apa Saja Yang Harus Dilakukan Setelah Melakukan Vaksin Virus Covid-19

ulasyuk.com  -Setelah melakukan vaksin tentunya dokter akan menyarankan beberapa hal yang haris dilakukan oleh masyarakat yang baru saja menjalani vaksin. Didalam artikel ini akan dibahas mengenai hal apa saja yang harus dilakukan setelah melakukan vaksin virus covid-19.


Pentingnya Perawatan Pasca Vaksin

Perawatan pasca vaksin merupakan suatu perawatan yang dilakukan setelah seseorang melakukan vaksin untuk virus covid-19. Perawatan ini dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap fit dalam menjalani aktivitas. Perawatan pasca vaksin juga dilakukan agar tubuh yang menimbulkan efek dari suntikan vaksin tersebut dapat diatasi dengan mudah.

Hal Yang Dilakukan Setelah Melakukan Vaksin

Setelah membahas pentingnya melakukan perawatan pasca melakukan vaksin maka sekarang sudah saatnya untuk membahas apa saja ataupun perawatan apa yang harus dilakukan seusai melakukan vaksin.

1. Kompres Air Hangat

Hal pertama yang harus dilakukan setelah melakukan vaksin adalah untuk melakukan kompres air hangat pada tangan yang disuntik vaksin. Hal ini berguna untuk mengurangi nyeri dan juga bengkak yang timbul akibat suntikan vaksin.

2. Konsumsi Obat Paracetamol

Hal selanjutnya yang dilakukan adalah meminum obat paracetamol apabila tubuh mengalami demam dan juga untuk meredakan nyeri pada tangan. Penggunaan obat paracetamol merupakan langkah yang tepat karena paracetamol merupakan obat yang cukup aman untuk dikonsumsi saat setelah melakukan vaksin.

3. Menyuplai Nutrisi Tubuh

Saat melakukan vaksin yang dirasakan pastilah tubuh terasa lemas dan juga terkadang timbul pusing di kepala. Oleh sebab itu penting untuk menyuplai nutrisi pada tubuh, untuk menyuplai nutrisi tersebut dapat dilakukan beberapa hal yaitu :
  • Makan dengan teratur
  • Konsumsi sayur dan
  • Konsumsi buah-buahan

4. Istirahat Yang Cukup

Setelah melakukan vaksin baik itu vaksin pertama maupun vaksin kedua, dokter akan menyarankan masyarakat yang di vaksin untuk segera pulang ke rumah dan beristirahat. Dengan beristirahat maka kondisi tubuh akan tetap stabil dan hal tersebut juga membantu tubuh agar tetap dalam kondisi yang fit.

5. Tetap Melakukan 3M

Setelah melakukan vaksin pun setiap orang harus tetap melakukan kewajibannya dalam menjalankan 3M. Yaitu tetap untuk selalu menjaga jarak, mencuci tangan, dan juga tetap selalu untuk memakai masker dimanapun dan kapanpun khususnya saat pergi keluar rumah.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Sesuai Melakukan Vaksin

Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan usai melakukan vaksin hal tersebut yaitu : pertama yang tidak boleh dilakukan adalah mengompres bekas suntikan vaksin dengan menggunakan air dingin.

Selanjutnya adalah tidak diperbolehkan untuk melakukan vaksin selanjutnya dengan jenis vaksin dan juga dengan dosis yang berbeda. Seperti contoh jika seseorang saat vaksin pertama disuntik dengan vaksin jenis sinovac maka untuk vaksin kedua orang tersebut harus menerima vaksin sinovac juga.

Biasanya untuk vaksin kedua akan diberitahu tempat pelaksanaannya dimana saat setelah melakukan vaksin pertama. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal yang telah disebutkan diatas.

Terakhir tidak diperkenankan untuk tidak mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Dengan telah melakukan vaksin tidak berarti tubuh akan 100% akan terhindar dari virus covid-19 ini.

Oleh sebab itu tetaplah untuk mematuhi peraturan dan juga protokol kesehatan yang telah diterapkan sebelumnya. Dengan melakukan hal tersebut maka perlindungan terhadap tubuh akan lebih meningkat dari sebelumnya.

Demikian pembahasan artikel ini mengani hal apa saja yang harus diperhatikan seusai melakukan vaksin untuk virus covid-19. Sangat penting untuk menjaga kesehatan dan menerakan protokol kesehatan 3M dalam kehidupan sehari-hari.

Tetaplah menjaga kesehatan, melakukan olahraga, makan teratur, penuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan istirahat yang cukup. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih