Cara Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah Dengan Konsumsi Pare

ulasyuk.com  -Gula darah merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh banyak orang,penyakit ini disebabkan oleh kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi. Kadar gula darah yang tinggi tersebut disebabkan oleh banyaknya mengonsumsi makanan yang mengandung gula.
Untuk dapat mengontrol kadar gula darah tersebut dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat ataupun dapat dengan mengonsumsi sayuran pare.

Pare

Pare merupakan suatu sayuran yang mana tanaman ini sejeniis tanaman merambat yang biasanya diolah untuk menjadi sayur. Pare sendiri memiliki ciri khas yang cukup unik dimana tanaman ini memiliki aroma yang tidak terlalu sedap dan memiliki rasa yang agak pahit.

Kandungan Pare

Pare memiliki beberapa kandungan nutrisi yang ada didalamnya,kandungan nutrisi tersebut adalah : kalori, air, lemak, protein, serat, karbohidrat, fosfor, kalsium, zinc, kalium, betakaroten, dan vitamin A,B,C.

Cara Pengolahan

Sebelumnya bagi penderita gula darah yang mengonsumsi obat diabetes dan juga insulin disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakan tanaman ini.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya kontra antara zat yang ada didalam pare dan juga obat yang sedang dikonsumsi. Cara pengolahan dari tanaman ini untuk mengurangi kadar gula darah adalah sebagai berikut :

1. Jus Pare

Olahan pertama yang dapat dibuat oleh para penderita gula darah adalah dengan mengolah pare menjadi jus. Hal ini dilakukan untuk mempermudah seseorang dalam meminum pare ini, mengingat pare memiliki aroma dan rasa yang cukup kuat dengan menjadikannya jus maka akan lebih mudah untuk meminumnya.

2. Air Rebusan Pare

Jika terlalu sulit untuk meminum jus pare maka ada baiknya untuk meminum air rebusan pare yang mana hal ini dilakukan dengan cara : pertama mengiris pare dengan irisan yang tidak terlalu tebal. Kemudian tuangkan air panas kedalam cangkir yang berisi irisan pare tersebut, setelah itu diamkan beberapa jam.
Setelah air didiamkan maka minumlah air pare tersebut, hal ini lebih efektif dibanding dengan jus pare karena aroma dari pare tersebut sedikit berkurang.

3. Suplemen Pare

Cara terakhir adalah dengan mengonsumsi suplemen pare, jika tidak dapat meminum jus ataupun air pare maka suplemen pare ini adalah solusinya. Dengan dibuat menjadi suplemen maka aroma dan rasa dari pare ini akan jauh berkurang dibanding dengan kedua olahan yang diatas.

Demikian pembahasan artikel tentang cara menurunkan kadar gula darah dengan menggunakan pare. Menjaga dan mengontrol gula darah memang perlu dilakukan sejak dini, dengan menjaga kadar gula darah sejak masih muda maka akan mengecilkan kemungkinan untuk menderita penyakit gula darah ini di hari tua nanti.

Oleh sebab itu jagalah kadar gula darah dan jika memiliki penyakit diabetes diharapkan untuk menaati larangan yang telah diberikan oleh dokter. Dan jangan lupa untuk mengonsumsi obat ataupun mengonsumsi pare untuk menjaga kestabilan kadar gula darah. Diharapkan untuk tetap sehat, semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.