Manfaat, Cara Pakai Dan Kandungan Betadine Anti Septik

Ulasyuk.com - Di setiap keluarga pastinya memiliki berbagai macam obat-obatan yang tersedia didalam rumahnya. Obat-obatan tersebut biasanya obat yang berguna untuk penurun panas,obat merah dan juga vitamin.

Manfaat, Cara Pakai Dan Kandungan Betadine Anti Septik

Salah satu obat yang banyak dimiliki oleh semua keluarga adalah anti  septik seperti betadine anti septik. Betadine ini sangat berguna untuk mengatasi luka pada tubuh dan sekaligus menjadi anti septik yang berguna untuk membunuh kuman yang menempel pada luka.

Kandungan Betadine

Betadine anti septik ini mengandung 100% povidone lodine, dimana povidone lodine ini berguna untuk menyembuhkan luka yang terdapat pada tubuh. Selain itu zat ini juga dapat membantu dalam menghentikan aliran darah yang keluar dari luka.

Manfaat Menggunakan Betadine Anti Septik

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa betadine sangat berguna dalam membantu proses penyembuhan luka luar di tubuh manusia. Betadine ini selain dapat digunakan untuk menyembuhkan luka dan membantu menghentikan darah yang mengalir dari luka. 

Produk ini juga berguna sebagai anti septik agar luka yang terbuka tidak terkontaminasi oleh kuman ataupun bakteri yang ada di sekitar luka.

Cara Pemakaian

Sekarang saatnya membahas bagaimana cara menggunakan betadine antiseptik ini, cara pemakaiannya dapat dilakukan dengan berbagai macam cara yang diantaranya :

1. Tuangkan Langsung 

Cara pertama adalah dengan meneteskan betadine secara langsung pada bagian tubuh yang terluka. Setelah itu diamkan beberapa saat sampai betadine mengering.

2. Gunakan Alat Perantara

Selanjutnya betadine dapat digunakan dengan cara menggunakan alat perantara seperti kapas dan cottonbad. Hal ini dilakukan agar luka tidak terkontaminasi oleh bakteri yang menempel pada tangan saat sedang mengobati luka.

3. Sebagai Kompres

Cara selanjutnya adalah dapat dipakai sebagai kompres luka, dengan demikian luka akan dibersihkan oleh anti septik yang terkandung didalam betadine.

Perhatian 

Perhatian dari betadine anti septik ini adalah obat ini hanya boleh digunakan untuk pengobatan luka luar tidak untuk diminum. Setalah itu simpan obat ini dengan suhu 30˚C, jauhkan jangkauan anak-anak dan terlindung dari cahaya.

Betadine merupakan obat yang sudah banyak digunakan oleh banyak orang, hampir setiap rumah memiliki obat ini didalamnya. Obat betadine ini sendiri memiliki beberapa jenis ukuran mulai dari yang besar sampai kecil. Harga dari produk ini juga beragam mulai dari kisaran harga Rp. 6000 sampai Rp. 20.000. semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.