Badan Kurang Sehat! Berikut Macam-macam Obat Penurun Panas

Ulasyuk.com - Setiap orang pastinya pernah mengalmai yang namanya sakit demam, demam merupakan suatu keadaan dimana suhu tubuh naik dari suhu tubuh normal biasanya. Demam dapat terjadi dikarenakan oleh banyak hal yaitu dapat terjadi karena terkena virus seperti flu, batuk, radang dan penyakit lainnya. Demam juga dapat terjadi ketika sistem imun tubuh sedang tidak fit dikarenakan tubuh yang lelah.

Demam dapat terjadi dikarenakan oleh banyak hal yaitu dapat terjadi karena terkena virus seperti flu, batuk, radang dan penyakit lainnya

Untuk menangani demam sendiri sudah banyak obat yang dijual di apotek-apotek yang ada sehingga untuk mendapatkan obat demam termasuk mudah. Obat demam sendiri tersedia dalam berbagai kemasan dan terdiri dari berbagai merk dagang dengan variasi harga yang berbeda-beda.

Macam Bentuk Obat Demam

Ada berbagai macam kemasana ataupun bentuk dari obat penurun panas, kemasan tersebut dibuat bervariasi karena obat disesuaikan dengan para pasien yang mengkonsumsi obat demam. Seperti pasien dengan perbedaan usia yaitu usia anak-anak dan dewasa bisa saja mendapatkan jenis kemasan obat yang berbeda, maka untuk mengetahui macam jenis kemasan obat demam dibawah ini akan dijelaskan hal tersebut:

Kapsul

Kapsul merupakan salah stau bentuk sediaan obat yang sangat umum untuk digunakan,kapsul sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu kapsul cangkang keras dan juga cangkang lunak. Keunggulan dalam sediaan kapsul adalah kapsul tidak mengeluarkan bau obat yang tidak sedap, penggunaan kapsul juga memudahkan seseorang dalam meminum obat, obat dalam sediaan kapsul akan cepat terserap kedalam tubuh karena cangkang kapsul dapat mudah larut dalam tubuh.

Tablet

Tablet merupakan suatu sediaan obat yang berupa sediaan obat yang dipadatkan ataupun ditempa dan dicetak di cetakan obat. Ada berbagai macam jenis tablet diantarnya adalah : tablet sublingual yang penggunaaannya dibawah lidah, tablet kempa, tablet cetak yang dicetak di mesin cetak, tablet bukal yang penggunaannya di taru di pipi, dan effervescent,yaitu tablet yang larut dalam dalam.

Pulvis

Pulv ataupun pulvis merupakan salah satu bentuk dari  kemasan obat demam, obat demam dengan bentuk serbuk biasanya diberikan kepada pasien anak-anak ataupun pasien balita. Kemasan serbuk diberikan dengan tujuan agar pasien dalam kategori usia anak-anak dapat meminum obat tanpa kesulitan karena cara meminum serbuk obat tersebut sangatlah mudah cukup dicamur dengan sirup pemanis ataupun obat lainnya yang telah diberikan oleh dokter.

Sirup

Obat dalam sediaan larutan ataupun sirup adalah salah satu jenis kemasan obat demam yang lebih banyak diberikan kepada anak-anak dan biasanya obat demam dalam kemasan sirup disertai oleh rasa buah. Rasa buah ini diberikan agar rasa obat yang pahit tidak terlalu kentara saat diminum oleh anak-anak.

Macam Merk Obat Penurun Panas 

Ada banyak sekali obat penurun panas yang dengan mudah didapat diapotek maupun toko obat yang ada. Merk ataupun brand dari poduk obat penurun panas ada banyak sekali dan produk tersebut juga berasal dari perusahaan ataupun pabrik obat yang berbeda-beda,oleh karena hal tersebut dibawah ini akan dijelaskan beberapa merk obat demam yang mudah untuk didapat :

Paracetamol

Paracetamol ataupun dapat disebut sebagai acetaminophen merupakan salah satu jenis obat penurun panas pertama yang ditemukan didunia. Obat ini merupakan salah stau jenis obat generik yang sangat mudah untuk didapatkan di apotek maupun toko obat lainnya. Harga dari obat ini untuk satu lempengnya berkisar Rp. 2.000

Asam Mefenamat

Asam mefenamat juga merupkana obat generik yang dapat menurunkan demam seseorang, pada dasarnya asam mefenamat lebih berkhasiat untuk menghilangkan nyeri dibandingkan dengan penurun panas,akan tetapi walaupun begitu asam mefenamat tetaplah dapat menurunkan demam seseorang,kisaran harga dari obat ini untuk satu lempengnya adalah Rp.4.000

Ibu Profein

Ibu pofein juga merupakan salah satu merk dagang dari obat penurun panas yang sangat mudah untuk didapatkan di toko obat ataupun apotek-apotek yang ada disekitar lingkungan anda semua. Untuk obat ibu profein ini sendiri dibandrol dengan kisaran harga yaitu berkisar Rp. 6.000.

Sanmol

Sanmol juga merupakan salah satu merk dari obat penurun panas yag cukup terkenal dan sering digunakan oleh banyak orang. Untuk obat sanmol sendiri memiiki dua (2) jenis bentuk sediaan yaitu sanmol dengan sediaan tablet dan juga sanmol sirup. Kisaran harga dari obat ini adalah Rp. 2.000 – 12.000.

Panadol

Panadol juga merupakan salah satu merk dagang dari obat demam yang sangat mudah untuk didapat. Obat ini juga sudahlah sangat umum bagi masyarakat indonesia. Panadol sendiri dapat dibeli selain di Apotek dan juga toko obat. Kisaran harga dari obat ini berkisar Rp. 9.000 – 10.000.

Bye-Bye Fever

Bye-bye fever merupakan salah satu jenis obat penurun panas yang dikemas untuk anak-anak. Bye-bye fever sendiri memiliki cara penggunaan yang berbeda dari obat penurun panas lainnya. Bye-bye fever digunakan dengan cara menempelkan produk ke bagian dahi pasien. Bye-bye fever sendiri berfungsi untuk menyerap panas dan meredakan demam. Kisaran harga dari produk ini adalah Rp. 6.000 – 7.000.

Demam merupakan penyakit yang sudah sangat umum, dan setiap orang pastinya pernah mengalami demam. Demam sendiri dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Untuk obatnya sendiri sekarang sudah banyak sekali merk obat penurun panas dan juga ada berbagai macam bentuk kemasan yang tersedia. 

Untuk mengobati demam cukup dengan meminum obat tersebut lalu menjaga pola makan dan juga jangan lupa untuk beristirahat yang cukup. Demikan pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat terimakasih.