Tips Menggunakan Serum Wajah Dengan Baik Dan Benar

Ulasyuk.com - Setiap orang pastinya ingin memiliki wajah yang cerah dan juga sehat, untuk bisa mendapatkan wajah yang cerah dan sehat membutuhkan suatu perawatan khusus yang harus dilakukan terlebih dahulu. Ada berbagai macam cara dalam merawat kulit wajah, salah satunya adalah denga rutin menggunakan serum wajah yang berfungsi untuk menutrisi kulit wajah.

Tips Menggunakan Serum Wajah Dengan Baik Dan Benar

Serum sendiri merupakan suatu cairan yang kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk merawat dan juga menjaga kesehatan kulit. Ada dua jenis serum yaitu serum yang dibuat khusus untuk mencerahkan wajah, dan serum yang dibuat khusus uttuk menghilangkan jerawat. Kedua jenis serum ini memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan tujuannya yaitu untuk mencerahkan wajah dan untuk menghilangkan jerawat.

Biasanya serum yang dibuat untuk mencerahkan kulit wajah mengandung kadar vitamin C yang tinggi sedangkan serum untuk mengatasi jerawat biasanya mengandung Azelaic Acid. Pemilihan serum sendiri harus disesuaikan dengan kondisi wajah yang ada sehingga hasil yang adapun lebih maksimal.

Cara Pemakaian Serum Yang baik Dan Benar

Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih bersinar dan juga sehat tentunya harus melalui beberapa hal terlebih dahulu, dan salah stau hal yang dilakukan adalah dengan mengaplikasikan serum ke kulit wajah. Serum berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Penggunaan serum dapat dikatakan sangat mudah akan tetapi masih ada orang yang kurang baik dalam mengaplikasikan ataupun memilih serum apa yang baik untuk dipakai di wajah,oleh sebab itu dibawah ini akan dijelaskan bagaimana menggunakan serum wajah dnegan baik dan benar :

Memilih Serum Sesuai Dengan Kebutuhan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menggunakan serum adalah dengan memiih jenis serum apa yang akan dibeli. Disarankan untuk membeli serum yang sesuai dengan kebutuhan wajah masing-masing, seperti misalnya pada wajah yang berjerawat harus memilih serum yang berfungsi untuk menangani masalah jerawat, janganlah memilih serum yang kaya akan vitamin C,karena serum tersebut berfungsi untuk mencerahkan dan juga menghilangkan bekas jerawat.

Begitupun sebaliknya jika ingin mencerahkan kulit wjaah lebih baik menggunakan serum yang mengandung Vitamin C dibandingkan dengan serum yang mengandung Azelaic Acid. Saat kita memilih serum yang tidak sesuai dengan kebutuhan wajah maka hasil yang adapun akan terihat tidak maksimal. 

Melakukan Tes Terlebih Dahulu

Sangat baik untuk melakukan tes terlebih dahulu sebelum menggunakan serum di wajah, kita tidak pernah tau akan reaksi alergi yang terjadi di kulit kita. Setiap orang memiliki tingkat sensitifitas kulit wajah yang berbeda-beda. Maka daripada itu ada baiknya untuk melakukan tes terlebih dahulu serum yang hendak digunakan sebelum benar-benar menggunakannya. Cara mengetes adanya indikasi alergi atau tidaknya serum di kulit wajah, cukup dengan mengoleskan sedikit saja serum di bagian kecil wajah seperti dibagian pinggir wajah ataupun dibelakang telinga. 

Sesudah itu diamkan serum sampai keesokkan harinya, kemudian lihat apakah ada reaksi alergi yang timbul di kulit wajah, jika tidak adanya reaksi alergi maka pemakaian serum dapat dilanjutkan, akan tetapi jika terlihat adanya reaksi alergi disarankan untuk tidak melanjutkan untuk menggunakan serum tersebut.

Aplikasikan Kewajah

Setelah mengetahui tidak adanya reaksi alergi terhadap serum diwajah,maka untuk pemakaian serum selanjutnya dapat dilakukan dengan aman. Cara mengaplikasikan serum yang baik adalah dengan tidak secara langsung menempelkan aplikator ataupun pipet serum ke kulit. Hal ini berfungsi untuk menjaga aplikator serum agar tetap steril dan bersih, sehingga tidak menimbulkan suatu efek iritasi dikulit akibat serum yang terkontaminasi oleh bakteri yang ada di kulit.

Takaran Yang Secukupnya 

Dalam menggunkaan serum sangat penting untuk memperhatikan takaran yang akan digunakan. Pertama-tama tidaklah baik untuk terlalu banyak mengaplikasikan serum ke wajah karena hal tersebut tidak akan menimbulkan efek yang lebih efektif, akan tetapi hal tersebut dapat menyebabkan keborosan. Begitupula untuk terlalu sedikit dalam mengaplikasi cairan serum ke wajah, jika cairan serum terlalu sedikit diberikan kepada wajah maka proses penutrisian yang terjadi tidak akan berjalan dengan optimal karena serum tidak menyebar secara menyeluruh di kulit wajah. Pakailah serum secukupnya, biasanya untuk pemakaian di wajah dapat dilakukan dengan empat (4) tetes serum dan untuk leher dapat menggunakan satu (1) tetes serum.

Tunggu Sampai Kering

Setelah mengaplikasikan serum di wajah tunggulah serum tersebut sampai mengering, biasanya akan ada panduan dalam berapa lama harus menunggu serum mengering. Akan tetapi umumnya serum dibiarkan sampai mengering mulai dari dua (2) sampai lima (5) menit. Setelah menggunakan serum sangat baik apabila dilanjutkan dengan menggunakan sunscreen karena dengan menggunakan sunscreen dapat membentu serum agar bekerja lebih maksimal, dan menghasilkan hasil yang memuaskan.

Pemakaian serum sendiri saat ini sudah dilakukan oleh banyak orang, serum memang sangat baik dalam menutrisi dan menyehatkan kulit wajah, hal ini disebabkan oleh sifat serum yang memiliki konsentrasi yang tinggi dalam menangani suatu masalah seperti mencerahkan,dan mengatasi jerawat. Ada baiknya untuk mengikuti tahap-tahap yang baik dalam mengunakan serum, karena hal tersebut juga merupakan cara untuk menjaga kesehatan kulit. Demikian artikel ini semoga bermanfaat terimakasih.