Cari Tahu Yuk! Obat Batuk Alami yang Mudah Didapat

Ulasyuk.com - Batuk, siapa yang tidak pernah mengalami batuk, pasti rata – rata diri kita pernah mengalaminya. Batuk merupakan respon tubuh dalam membersihkan saluran pernapasan dari dahak dan penyebab iritasi.

Cari Tahu Yuk! Obat Batuk Alami yang Mudah Didapat

Meski sebagian besar batuk akan sembuh dengan sendirinya, rasa tidak nyaman yang ditimbulkan membuat banyak orang memilih untuk mengonsumsi obat batuk, termasuk obat batuk alami. 

Ada beberapa obat batuk alami yang mudah ditemukan dan cukup efektif meredakan batuk. Namun, penggunaannya perlu diperhatikan, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Obat Batuk Alami di Sekitar Anda

Ada berbagai macam bahan alami yang umum dipakai sebagai obat batuk alami, yaitu :

Jahe

Anda bisa membuat teh jahe sebagai obat batuk alami. Adapun cara penyajiannya adalah dengan menyeduh beberapa iris jahe dengan air panas mendidih dan meminumnya selagi masih hangat. Jahe selain dijadikan sebagai obat batuk alami, juga mempunyai manfaat untuk mengatasi sakit tenggorokan dan rasa mual saat Anda terkena flu.

Madu

Pada sebuah studi ditemukan bahwa madu dapat bermanfaat meredakan batuk, bahkan terbukti lebih efektif dibandingkan obat batuk racikan yang kerap digunakan untuk meredakan batuk kering.

Cara penyajiannya adalah Anda hanya perlu mencampurkan 2 sendok teh madu ke dalam air hangat. Anda juga bisa menambahkan perasan air lemon sesuai selera.

Bawang bombai

Bawang bombai dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk alami. Cara penyajiannya adalah, iris bawang bombai menjadi beberapa bagian dan tempatkan irisan bawang bombai tersebut di samping tempat tidur. Aroma tajam yang muncul dari bawang bombai dapat membantu meredakan batuk.

Air garam

Untuk batuk disertai tenggorokan gatal, cobalah Anda berkumur dengan air garam. Dengan cara penyajian sebagai berikut: cukup Anda campurkan ½ sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat dan gunakan untuk berkumur. Air garam dapat meredakan bengkak pada tenggorokan dan bersifat sebagai antiseptik, sehingga batuk dapat teratasi atau hilang.

Namun obat batuk alami ini tidak direkomendasikan untuk anak berusia di bawah 5 tahun, karena pada usia ini anak belum bisa berkumur dengan baik.

Tak hanya keempat bahan alami tersebut yang dapat meredakan batuk, namun ada bahan alami lainnya seperti daun mint,  juga diyakini dapat meredakan batuk yang Anda alami. Tetapi Anda juga diwajibkan harus banyak minum air putih agar tenggorokan tetap lembab dan tidak mudah teriritasi.

Perawatan dalam meredakan batuk

Banyak perawatan atau tindakan yang dapat dilakukan untuk meredakan batuk, selain mengonsumsi obat batuk alami. Cara yang paling sederhana adalah istirahat yang cukup. Dengan Anda mengurangi aktivitas dan membiarkan tubuh beristirahat dengan baik, batuk dapat sembuh lebih cepat.

Hal lain yang dapat dilakukan adalah mandi dengan air hangat, hal ini juga dapat meredakan batuk. Uap dari air hangat dapat membantu melancarkan mengeluarkan lendir di hidung dan tenggorokan. Sedapat mungkin anda dapat menghindari udara kotor selama menderita batuk.

Segera konsultasikan kepada dokter Anda guna mendapatkan penanganan yang tepat, jika obat batuk alami dan perawatan di rumah sudah dilakukan namun batuk tak kunjung sembuh.