Suka Apel? Ini Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh

Ulasyuk.com - Buah apel merupakan salah satu buah favorit semua orang,baik dari kalangan dengan usia kecil, muda,dewasa dan lansia menyukai buah ini. Apel memiliki ciri khasnya sendiri dimana buah ini memiliki warna yang indah, beraroma segar, mempunyai rasa yang manis, menyegarkan dan tekturnya yang renyah adalah daya tarik dari buah ini.

Suka Apel? Ini Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh

Apel sendiri memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh dan untuk mendapatkan buah ini terbilang snagat mudah didapatkan karena disetiap toko buah, buah apel pasti tersedia disanan.

Macam-Macan Jenis Buah Apel

Ada berbagai macam jenis apel yang tersebar diberbagai belahan dunia, jenis-jenis apel tersebut memiliki ciri yang dan rasa yang hampir sama akan tetai dapat dibedakan melalui ukuran dan juga warna dari setiap jenis apel. Jenis- jenis apel tersebut adalah : 

Apel Fuji

Apel fuji merupakan salah stau jenis dari buah apel yang bersal dari jepang, apel fuji sendiri memiliki tekstur yang renyah dengan kulit buah yang kulit tipis, berwarna merah pudar dan memiliki rasa manis dan sedikit rasa asam. Perpaduan dari rasa manis dan asam yang ada membuat kesegaran dimulut saat menggigitnya.

Apel Jhonatan Malang

Apel jhonatan merupakan apel lokal indonesia yang berasal dari kota maang, apel ini mempunyai ukuran  yang cukup kecil kecil dan berwarna hijaun dan mempunyai kulit buah yang tipis , apel ini memiliki tekstur yang reyah dan rasa yang manis. apel ini dapat dimakan sebagai sarapan di pagi hari.

Apel Red Delicious

Apelred delicious atau yang umum disebut dengan apel merah merupakan salah satu jenis apel yang sangat digemari oleh banyak apel. Karakteristik dari apel ini adalah warna kulitnya yang sangat menggoda yaitu berwarna merah menyala. Apel ini juga memiliki tekstur buah yang renyah dan memiliki rasa yang sangat manis saat dimakan.

Apel Granny Smith

Apel granny smith atau yang dapat disebut dengan sebutan apel hijau merupakan salah satu jenis buah apel yang berasal dari negara australia. Daya tarik dari apel ini terdapat dari warnanya yang sangat segar dan juga menggoda, seperti namanya apel ini juga memili warna buah yang hijau. Tekstur dari buah ini adalah renyah dan juga berair, rasanya cenderung lebih kepada asam menyegarkan yang enak dilidah. Apel ini juga dapat dikonsumsi untuk salah satu menu diet.

Manfaat Buah Apel Bagi Tubuh

 Setelah mengetahui beberapa jenis dari buah apel yang ada, sekarang saatnya untuk membahas mengenai manfaat apel bagi tubuh. Ada banyak sekali manfaat yang terkandung didalam buah apel yang sangat baik jika dikonsumsi bagi tubuh manusia.  Kandungan nutrisi yang ada didalam buah apel adalah kalium,asam folat, flavonoid, serat, , vitamin A,vitamin K, vitamin C dan asam ursolat. Oleh karena banyaknya kandungan nutrisi tersebut ada banyak manfaat yang didapat oleh tubuh saat mengkonsumsi buah apel,hal tersebut akan dijelaskan dibawah ini :

Membersihkan Mulut

Membersihkan mulut disini dalam artian adalah membersihkan mulut dari bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut pada seseorang. Mengkonsumsi apel dapat membunuh bakteri pembawa bau mulut yang ada didalam mulut. Saat mengkonsumsi apelpun mulut akan terasa segar.

Menurunkan Berat Badan

Pada dasarnya apel memiliki tekstur buah yang renyah dan juga memiliki rasa yang manis. oleh karena teksturnya tersebut apel merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk dikonsumsi saat menjalankan program diet. Mengkonsumsi apel dapat menyehatkan tubuh dan juga apel dapat mengenyangkan perut karena apel kaya akan serat, buah apel juga dapat dimakan saat pagi hari.

Menangkal Radikal Bebas

Buah apel memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi terutama pada bagian kulit dari buah apel. Antioksidan sendiri sangat baik untuk menangkal radikal bebas pada tubuh. Radikal bebas sendiri didapat dari polusi udara, dan paparan sinar matahari yang berebihan. Tubuh yang memiliki kandungan molekul radikal bebas yang banyak didalamnya akan menimbulkan beberapa penyakit dan juga akan menyebabkan kulit mengalami penuaan dini.

Menjaga Kesehatan Usus

Usus merupakan salah satu organ penting bagi tubuh manusia karena melalui usus semua makanan dan nutrisi yang ada akan diproses dan diserap juga desebarkan keseluruh tubuh. Buah apel sendiri sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan usus karena kandungan yang terdapat didalam buah apel memberikan nutrisi bagi bakteri baik, sehingga bakteri baik dapat mengolah makan yang masuk kedalam tubuh, dan seluruh pekerjaan yang dilakukan oleh usus dapat berlajan dengan baik dan lancar.

Mencegah Kanker

 Apel juga sangat berguna dalam proses pencegahan penyakit kanker dalam tubuh, perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki sel kanker didalam tubuhnya, muncul atau tidaknya penyakit kanker tersebut dipengaruhi dari gaya hidup dan pola makan dari masing-masing orang. Mengkonsumsi buah apel dengan rutin dapat mencegah aktifnya sel kanker pada tubuh, khususnya pada buah apel yang berwarna merah, hal ini dapat terjadi karena apel ataupun apel merah memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi yang dapat menangkal radikal bebas. 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa buah apel sangatlah berguna dan bermanfaat bagi tubuh, mengkonsumsi buah apel dengan rutin dapat menambah nutrisi dan juga menyehatkan tubuh manusia,buah apel juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Demikian pembahasan artikel tentang manfaat buah apel semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih banyak.