Kalian Harus Tahu! 5 Cara Perawatan Kuku Cantik yang Baik dan Benar

Ulasyuk.com - Hampir seluruh wanita mempunyai dambaan memiliki kuku cantik. Agar kuku tetap sehat dan cantik diperlukan perawatan yang intensif, baik dengan pergi ke salon untuk perawatan kuku, bisa juga perawatann alami di rumah. 

Kalian Harus Tahu! 5 Cara Perawatan Kuku Cantik yang Baik dan Benar

Keika seorang wanita memiliki kuku yang cantik, terawat dengan baik sehingga tampak bersih dan berkilau serta sehat, tentu secara tidak langsung mempengaruhi pandangan orang terhadap diri mereka.

Bagaimana Merawat Kuku Cantik

Dari bagian tubuh setiap manusia, tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering bergerak dan bersentuhan dengan benda atau objek lain saat melakukan aktifitas sehari-hari. Oleh karena itu, penting bagi siapapun untuk selalu menjaga kebersihan tangan, terutama kuku.

Adapun beberapa teknik perawatan kuku yang bisa dilakukan, diantaranya adalah:

Batasi perawatan di salon

Melakukan perawatan kuku di salon nampak merupakan tindakan yang sangat praktis, dan hasil yang diperolehpun terlihat lebih bagus daripada kita harus merawatnya sendiri di rumah.Namun perlu diketahui, terlalu sering melakukan perawatan kuku di salon mempunyai dampak yang tidak baik bagi kesehatan kuku.

Kuku akan menjadi lebih rapuh karena sering mendapatkan perawatan dengan menggunakan bahan – bahan kimia yang digunakan saat melakukan perawatan di salon. Maka disarankan untuk dapat melakukan perawatan kuku di rumah secara alami. Namun, jika Anda tetap memilih melakukannya di salon, sebaiknya jangan dilakukan terlalu sering dan usahakan membawa peralatan perawatan kuku Anda sendiri, agar lebih aman.

Melakukan perawatan kuku di rumah

Menggunting kuku yang sudah panjang secara teratur akan membuat kesehatan kuku terjaga serta terlihat bersih dan cantik. Setelah memotong kuku, cobalah untuk menghaluskan bagian ujung kuku dengan kikir.

Ketika membersihkan bagian dalam kuku, anda harus berhati – hati agar terhindar dari risiko terjadinya infeksi, terutama ketika membersihkannya dengan alat yang berbentuk panjang dan runcing. Infeksi dapat terjadi bila jamur atau bakteri masuk melalui celah antara kuku dan bantalan kuku.

Berbahaya menggunakan penghapus kutek berbahan aseton

Penggunaan penghapus kutek terlalu sering bisa berdampak pada kerusakan kuku anda. Kuku bisa mengalami retak kecil hingga retak permanen.

Dalam penghapus kutek sering ditemui unsur aseton yang dapat membuat kuku rusak. Pada sebuah studi ditemukan bahwa kuku yang rapuh jika dibersihkan menggunakan aseton akan menjadi bertambah rapuh.

Perawatan kuku secara alami

Secara tradisional, perawatan kuku bisa dilakukan dengan merendam kuku pada air garam hangat. Selain itu, tea tree oil yang dicampurkan dengan minyak kelapa juga dapat menjadi bahan alami merawat kuku anda agar terlihat cantik. Minyak ini dipercaya dapat mencegah dan mengobati jamur kuku. 

Perawatan kuku dari dalam

Biotin adalah salah satu jenis vitamin B kompleks. Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa biotin dapat membuat kuku menjadi lebih tebal, sehingga tidak mudah pecah dan patah. Adapun contoh makanan yang mengandung biotin adalah bayam, telur, ubi, gandum, ayam dan ikan salmon. 

Agar anda mendapatkan kuku yang bersih dan cantik, penting agar kita selalu merawatnya dengan baik. Karena kondisi kuku dapat menggambarkan kebersihan dan kesehatan seseorang. Namun dalam merawat kuku, sebaiknya anda lakukan dengan hati – hati agar tidak terjadi infeksi atau kerusakan pada kuku anda. 

Jika anda mengalami masalah pada kuku anda, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapat penanganan lebih lanjut.