Ampuh! Berikut 7 jenis Makanan Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Ulasyuk.com - Kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol dalam tubuh.  Kolesterol berfungsi untuk membantu tubuh dalam memperoduksi hormao, vitamin D dan juga asam empedu yang berfungsi untuk mencerna lemak tubuh. Kolesterol dengan kadar yang normal sangatlah dibutuhkan dalam tubuh manusia karena mempunyai berbagai fungsi yang dapat membantu metabolisme tubuh.

Ampuh! Berikut 7 jenis Makanan Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Akan tetapi lain halnya apabila seseorang memiliki kadar koesterol yang tinggi hal ini dapat menyebabkan munculnya beberapa penyakit seperti penyakit kolesterol yang terjadi karena tingginya lemak jahat (LDL) dibandingkan dengan lemak baik (HDL) dalam tubuh. Saat kadar LDL lebih banyak dibandingkan dengan HDL maka akan timbul penyakit seperti penyakit kolesterol dan juga jantung koroner yang terjadi akibat menumpuknya lemak dalam saluran darah.

Makanan Penurun Kadar Kolesterol 

Salah satu hal yang dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter. Akan tetapi ada juga beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi secara berkala yang berguna dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.  Berikut dibawah ini beberapa makanan yang daat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi:

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan ataupun biji-bijian merupakan salah satu makanan yan daat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.  Kacang-kacangan sangatlah kaya akan serat dan serat tersebut membantu untuk meluruhkan kolesterol dalam tubuh. Ada banyak sekali jenis kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi salah satunya adalah : almond, mete, hazel, kacang tanah, pinus dan kacang kedelai. Selain berfungsi untuk menurunkan kolesterol beberapa jenis kacangan ini sangat bagus dikonsumsi untuk menyehatkan tubuh.

Alpukat

Sudah sangat umum apabila mendengar alpukat adalah salah stau menu makanan untuk melakukan diet. Alpukan merupakan makanan rendah lemak lemak yang kaya akan serat,lemak jenuh tunggal, polifenol, dan nutrisi fitostelor. Jadi kandungan yang terdapat dlaam alpukan snagat membantu seseorang dalam proses penurunan berat badan.

Begituun dengan kolesterol, mengkonsumsi alukat dapat mengurangi kadar kolesterol LDL yang terdapat didalam tubuh seseorang. Menurut sebuah penelitian, seseorang yang rutin memakan sebuah alpukat dalam sehari ada proses diet didapati bahwa kadar kolesterol jahat (LDL) cenderung rendah.

Buah Beri

Berbagai jenis beri-berian sangatlah baik dikonsumsi untuk tubuh. Beri ini mengandung banyak serat yang dapat mengatasi kadar kolesterol yang sedang tinggi. Selain untuk menurunkan kolesterol beri-berian juga dapat berguna untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, hal ini dapat terjadi karena kadar glikemik dalam beri-berian terbilang cukup rendah. Contoh dari beri-berian ini adalah: blueberry, strawberry, blackberry dan rasberi.

Gandum

Gandum ataupun oat dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Gandum mengandung serat larut beta glukan yang dapat menjaga kesehatan metabolisme tubuh. Dengan adanya serat yang terkandung dalam oat ataupun gandum ini dapat memetabolisme lemak ataupun kolsterol yang ada sehingga kolesterol tidka menyebar kedalam darah.

Susu Kedelai

Disini susu keledai merupakan salah satu minuman yang sangat berguna dalam proses penurunan kadar klesterol yang tinggi. Selain memiliki kandungan serat yang banyak susu kedelai mengandung isaflavon yang berfungsi dalam penurunan kadar kolesterol.  Selain susu kedelai semua jenis olahan kedelai juga mengandung kandungan isaflavon yang dapat menurunkan kolesterol, makan tersebut seperti tahu dan juga tempe. 

Bawang Putih

Salah satu bahan makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol adalah bawang putih. Bawang putih merupaka suatu hal yang umum dikonsumsi oleh masyarakat oleh karena sebab itu sangat mudah untuk mendapatkan bawang putih. Bawang putih juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan agar tetap stabil hal ini dapat terjadi karena didalam bawang putih terkandung senyawa alicin.

Sayur Mayur

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa serat yang terkandung dalam makanan dapat membantu seseorang dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Khususnya pada sayur mayur ataupun sayuran hijau. Ada beberapa jenis sayuran hijau yang sudah terbukti memiliki kandungan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Sayuran tersebut adalah: kangkung, bayam, arugula dan lainnya. Sayuran ini memiliki antioksidan yang sangat tinggi yang apabila dikonsumsi antioksidan tersebut berfungsi untuk mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol sehingga kolesterol tidak menyebar kedalam darah.

Kadar kolesterol yang tinggi dapat diturunkan dengan cara mengkonsumsi makanan yang sudah dijelaskan diatas. 

Perlu diketahui bahwa serat sangat berguna bagi tubuh manusia baik dalam penurunan kolesterol, membantu proses metabolisme dan juga menjaga kesehatan kulit. Makanan ynag tertera diatas juga sangat aman untuk dikonsumsi secara berkala. 

Akan tetapi apabila kolesterol yang ada dalam tubuh sudah sangat tinggi sangat disarankan untuk pergi kepada dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan penangan lebih lanjut.

Untuk mencegah adanya kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh mari bersama-sama kita jaga pola makan dan juga hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Demikian artikel tentang makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol, terimakasih banyak.