Wow! Rutin Minum Air Putih Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan

Ulasyuk.com - Berbagai macam bentuk orang menghadapi masalah berat badan yang bertambah, tapi biasanya reaksi awal yang muncul adalah sikap uring – uringan, atau kesal terhadap diri sendiri. Kadang juga ada yang bingung karena merasa sudah mengatur pola makan, tetapi tetap mengalami peningkatan berat badan. 

Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan

Ada cara yang  cukup mudah, hanya dengan minum air putih secara rutin, cukup efektif dalam menurunkan berat badan bahkan dapat mempertahankan berat badan yang diinginkan, dan hal ini sudah terbukti disejumlah penelitian. Namun bagaimana caranya air putih bisa menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan, mari kita pahami caranya terlebih dulu.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Air Putih

Agar berat badan turun, Anda bisa melakukan beberapa cara antara lain:

30 Menit sebelum makan minum dua gelas air putih 

Mengkonsumsi air putih sekitar dua gelas atau kisaran 500 ml pada rentan waktu 30 menit sebelum melakukan aktifitas makan, dapat membantu menurunkan berat badan. Dan jika dilakukan setiap hari sebelum makan, maka diperkirakan dapat membantu menurunkan berat badan sekitar 2 – 4 kg dalam jangka waktu 12 minggu. Ketika minum air putih sebelum makan, diharapkan mampu mengurangi porsi makan, karena perut secara otomatis sudah mulai terisi sebelum kita makan. Sehingga untuk makan dengan porsi besar atau berlebihan akan terhindari dan bisa menurunkan berat badan.

Minuman kemasan saat haus wajib dihindari

Ada baiknya membiasakan diri perbanyak minum air putih karena  minuman tersebut bebas dari kalori, sehingga tidak menyebabkan peningkatan berat badan. Jika mengkonsumsi minuman dalam kemasan atau minuman berwarna yang mengandung banyak rasa, umumnya minuman tersebut mengandung banyak kalori dan dapat memicu peningkatan berat badanmu ketika dikonsumsi. Salah satu keuntungan minum air putih sebagai salah satu pendukung penurunan berat badan adalah kemudahan melakukannya di tengah aktivitas yang padat, dibandingkan metode atau cara diet yang lain. 

Minum air putih disaat merasa lapar

Disaat Anda merasa lapar namun terjadi di luar jam makan, ada baiknya cobalah untuk minum air putih terlebih dulu. Siapa tahu tubuhmu justru sedang kekurangan cairan. Usahakan untuk tidak langsung makan berat atau makan makanan ringan. Hal tersebut justru akan menimbulkan peningkatan kalori dan berat badan. Kecuali rasa lapar muncul atau dirasakan pada jam makan.  Proses pencernaan dan metabolisme tubuh, akan terbantu melalui kebiasaan Anda minum air putih secara rutin. Jika Anda jarang minum air putih, Anda akan berisiko mengalami sembelit akibat fungsi ginjal terganggu. 

Namun perlu diketahui,  selain minum air putih, upaya menurunkan berat badan harus disertai dengan merubah gaya hidup dan berolahraga secara teratur. Idealnya Anda dianjurkan minum 8-10 gelas air putih secara rutin setiap hari. Hal ini tidak hanya bisa membantu menurunkan berat badan, tapi juga mencegah dehidrasi dan memperlancar metabolisme di dalam tubuh.