Wah! Ternyata Ini Bahaya Asap Rokok Bagi Tubuh Manusia

Ulasyuk.com - Pada umumnya sudah banyak orang yang melakukan kegiatan merokok, merokok dapat dilakukan oleh siapa saja baik itu wanita, pria, orangtua, anak muda bahkan anak dibawah umurpun sudah ada yang melakukan kegiatan tersebut. Tentunya merokok mempunyai banyak hal negatif didalamnya dimana salah satunya adalah asap nikotin yang dikeluarkan saat merokok dapat membahayakan kesehatan seseorang.

Wah! Ternyata Ini Bahaya Asap Rokok Bagi Tubuh Manusia

Tidak hanya perokok aktif saja yang terancam kesehatannya tetapi perokok pasif juga dapat merasakan dampak dari nikotin tersebut apabila terlalu sering terpapar asam rokok. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Hal tersebut terjadi karena perokok pasif ataupun seseorang yang tidak merokok ikut serta dalam menghirup udara yang tercemar dengan asap rokok. Udara yang dihirup tersebut mengandung nikotin yang dapat membahayakan kesehatan, khususnya bagi anak-anak dan juga ibu hamil.

Ada banyak zat kimia beracun yang terkandung didalam asap rokok zat tersebut disebut dengan karsinogerik. Karsinogerik dapat bertahan di udara segai partikel, partikel ini daat dihirup melalui mulut dan juga hidung.perlu diketahui asap rokok juga dapat bertahan di baju, dan juga rambut seseorang.

Bahaya Asap Rokok 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa asap rokok sangat berbahaya bagi tubuh manusia karena didalam asap rokok terkandung banyak sekali zat kimia berbahaya yang membahayakan kesehatan tubuh. Oleh karena itu dibawah ini akan dijelaskan beberapa bahaya asap rokok terhadap kesehatan tubuh :

Orang Lain

Bahaya asap rokok terhadap orang juga sama pentingnya dengan bahaya asap rokok terhadap perokok aktif. Seperti yang sudah dijelaskan diatas seorang erokok pasif juga dapat menerima imbas dari bahaya asap rokok yang ada di udara. Udara yang tercemar zat kimia berbahaya tersebut dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang dapat hinggap ditubuh seseorang yang menghirupnya. Penyakit tersebut adalah seperti gangguan pernapasan, asma dan adanya masalah pada paru-paru. Hal ini dapat terjadi apabila seorang perokok pasif terlalu sering ataupun terlalu banyak terpapar asap rokok.

Diri Sendiri

Asap rokok sendiri saja sudah sangat berbahaya apabla terhirup oleh seorang perokok pasif, jika seorang perokok pasif saja daat merasakan efek yang berbahaya, bagaimana dengan perokok aktif itu sendiri? Tentunya resiko untuk mendapatkan penyakit tersebut akan lebih besar peluangnya dibandingkan dengan seorang perokok pasif. Perokok aktif akan secara langsung menghisap asam rokok dan memasukkannya kedalam tubuhnya sendiri. Dalam proses penghirupan tersebut sudah banyak sekali nikotin dan zat berbahaya lainnya yang masuk kedalam tubuh. 

Jika keadaan ini terus berulang dan kadar zat nikotin yang ada didalam tubuh terlalu banyak akan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya kepada tubuh perokok aktif, penyakit tersebut diantaranya adalah seperti kanker paru-paru, kanker trakea, kanker mulut, kanker lambut, kanker hati dan masih banyak lagi.

Penderita Penyakit Saluran Pernapasan

Bagi penderita penyakit saluran pernapasan seperti asma, sangatlah tidak dianjurkan apabila terpapar asap terlebih untuk asap rokok, jika terkena asap rokok penderita penyakit saluran pernapasan akan merasa kesulitan dalam menarik nafas dan paru-paru akan bekerja lebih kerasa di banding biasanya. Oleh sebab itu sangat tidak dianjurkan untuk merokok berdekatan dengan orang yang menderita penyakit saluran pernapasan.

Ibu Hamil

Setiap orang umumnya mengetahui bahwa seorang ibu hamil snagat tidak dianjurkan untuk menghirup asap rokok yang berlebihan. Hal ini sangat membahayakan sang ibu yang sedang mengandung dan juga membahayakan janin yang sednag dikandungnya. Asap rokok dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan juga dapat berdampak buruk bagi janin dimana hal terburuk yang dapat terjadi adalah adanya kemungkinan bahwa asap rokok dapat memungkinkan kematian bagi janin. Bagi para suami ataupun orang lain yang merupakan seorang perokok aktif sangat dianjurkan untuk tidak merokok didekat ibu hamil.

Anak-Anak

Selain ibu hamil, asap rokok juga sangat berbahaya bagi anak-anak. Anak-anak masih belum memmiliki daya tahan tubuh sebagus dengan daya tahan tubuh orang dewasa. Jika terpapar oleh asap rokok sangat memungkin untuk anak-anak menderita penyakit saluran pernapasan seperti asma dan juga bronkitis, oleh sebab itu lihatlah lingkungan sekitar sebelum melakukan kegiatan merokok.

Asap rokok sangat berbahaya bagi tubuh manusia karena didalam asap rokok tersebut terkandung banyak sekali zat kimia yang jika masuk kedalam tubuh akan sangat merugikan tubuh kita. Oleh sebab itu jika memungkinkan berhentilah merokok sebelum terlambat karena merokok mendatangkan penyakit yang sebagian besar dari penyakit tersebut adalah penyakit kanker. 

Perlu diketahui untuk peringatan bahaya merokok sendiri sudah diberikan oleh produk-produk rokok yang dijual dipasaran, didalam kemasan produk tersebut terdapat gambar tubuh yang terserang penyakit kanker yang diakibatkan oleh kegiatan merokok. Demikian artikel tentang bahaya asap rokok ,terimakasih banyak.