10 Bahan Alami Yang Dapat Mencerahkan Kulit Wajah

Ulasyuk.com - Memiliki kulit wajah yang cerah merupakan salah satu impian dan juga keinginan semua orang. Kulit yang cerah akan menambah daya tarik bagi setiap orang, semua orang juga pastinya sangat mendambakan kulit wajah yang kusam berubah menjadi cerah, akan tetapi masih takut dan juga ragu untuk menggunakan produk-produk kecantikan yang ada. Keraguan ini timbul karena ada beberapa produk kecantikan yang tidak aman untuk digunakan dan ada juga keraguan akan cocok atau tidaknya suatu produk pada kulit wajah.

Tapi tenang saja ada banyak cara untuk mencerahkan kulit wajah tanpa harus menggunakan produk-produk kecantikan,caranya adalah dengan menggunakan bahan bahan alami yang berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah.

Bahan Alami Pencerah Kulit Wajah

Ada banyak sekali bahan alami yang dapat digunakan dna juga dimanfaatkan dalam mencerahkan kulit wajah. Untuk produk kecantikan juga menggunakan beberapa ekstrak bahan-bahan alami untuk campuran produknya. Dalam proses pencerahan kulit wajah menggunakan bahan-bahan alami membutuhkan suatu proses dan juga waktu yang terbilang tidak singkat. 

Oleh sebab itu diperlukan pemakaian yang rutin dan juga konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan apa yang diinginkan yaitu kulit yang kusam berubah menjadi lebih cerah dan juga sehat. Berikut dibawah ini beberapabahan alami yang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit wajah :

Jeruk Nipis

Cara mencerahkan kulit wajah dengan bahan alami yang pertama adalah dengan menggunkaan bahan jeruk nipis. Jeruk nipis sendiri memiliki kandungan antioksidan dan juga vitamin C sangat tinggi. Vitamin C sangat berguna dalam proses pencerahan kulit wajah, cara pemakaiannyapun cukup mudah untuk dilakukan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memotong sebuah jeruk nipis menjadi dua bagian. Setelah itu peraslah air jeruk nipis dan aplikasikan air perasan jeruk nipis kepada seluruh wajah diamkan beberapa menit lalu bilaslah dengan air ataupun air hangat. Hal ini juga dapat mengurangi jerawat pada wajah. 

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan suatu bahan alam yang sudah snagat sering digunakan dalam produk kecantikan khususnya produk perawatan wajah. Lidah buaya sendiri berfungsi untuk mencerahkan dna juga menjaga kelembapan kulit wajah. Cara penggunaannya cukup dengan memotong lidah buaya menjadi beberapa bagian lalu keroklah lidah buaya sehingga lidah buaya berubah menjadi gel. Setelah itu aplikasi kepada wajah, tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih.

Yogurt

Yogurt merupakan salah satu bahan yang dapat mencerahkan kulit wajah yang kusam. Yogurt sendiri merupakan olahan dari produk susu yang mengandung zat kalsium dan juga zinc. Zat kalsium dan juga zinc yang terkandung didalam yogurt berguna untuk membantu meredakan masalah kulit dan juga dapat mencerahkan kulit wajah yang kusam. Cara penggunaan yang dapat dilakukan adalah dengan mengaplikasikan yogurt kepada seluruh permukaan wajah, tunggu hingga sekitar tiga puluh (30) menit lalu bilas dengan sabun dan air.

Air Beras

Air beras ataupun air cucian beras memang dapat digunakan dalam merawat wajah khususnya dalam mencerahkan wajah yang kusam. Kandungan yang ada didalam air beras merupakan gamma oryzanol yang mampu melindungi kulit daripaparan sinar UV. Cara penggunaannya sangatlah mudah cukup dengan mencuci beras lalu air cucian tersebut diendapkan selama beberapa saat sekitar 30-40 menit lalu saring air breas dan endapan yang ada dapat diaplikasikan di kuit wajah hasil yang terjadi adalah kulit akan terasa kencang dan juga wajah terasa segar. 

Untuk takaran beras yang digunakan dapat menggunakan air cucian beras pertama saat sedang memasak nasi hal ini dilakukan untuk lebih hemat dan juga efisien. Jika tidak ingin menggunakan air cucian beras saat ingin memasak nasi anda juga dapat melakukannya dengan takaran beras sesuai dengan kebutuhan anda sendiri.

Madu 

Madu merupakan suatu bahan alami yang mengandung banyak antioksidan smaa seperti dengan jeruk npis antioksidan sangat berguna bagi kulit karena antioksidan dapat menangkal darikal bebas yang ada dari sinar matahari dna juga polusi udara. Selain untuk mencerahkan madu juga dapat berfungsi untuk melembabkan kulit dan juga mengangkat jaringan sel kulit mati yang ada di wajah. 

Cara penggunaannya sangatlah mudah cukup dengan mengoleskan madu yang secukupnya kepada seluruh permukaan wajah, diamkan selama kurang lebh 20-30 menit setelah itu barulah membilas wajah dengan sabu dan juga air. Penggunaan yang teratur dan juga konsisten dapat mecerahkan dan juga melembabkan wajah sehingga kulitwajah jadi sehat dan terawat dengan baik.

Bengkoang

Sudah merupakan suatu hal umum jika bengkoang merupakan bahan alami yang dapat merawat dna mencerahkan warna kulit wajah yang kusam. Bengkoang sendiri sudah banyak digunakan sebagai bahan utama dalam produk-produk pencerah kulit wajah. Bengkoang memiliki sifat yang dingin dan juga dapat menyegarkan wajah sehingga hal tersebut membatu kulit wajah dalam mempertahankan kelembapannya. Bengkoang memiliki kandungan vitamin B dan vitamin C didalamnya  dan vitamin tersebut seain membantu mencerahkan kulit juga dapat membantu dalam proses regenerasi jaringan sel kulit. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu parutlah bengkoang,setelah diparut ataupun setelah menjadi halus peras ari bengkoang hingga terkumpul sari bengkoang, sari tersebutlah yang digunakan untuk wajah, setelah menggunakan sari bengkoang jangan lupa membilas wajah dengan air bersih.

Tomat

Bahan alami selanjutnya yang dapat mencerahkan kulit wajah adaah tomat, sama seperti jeruk nipis dan juga madu, tomat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang berguna dalam membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam. Cara penggunaannya adalah dengan ambil tomat secukupnya sesuai dengan kebutuhan anda lalu haluskan tomat tersebut. Setelah itu aplikasi tomat yang sudah halus keseluruh permukaan kulit di wajah. Tunggu hingga kering lalu bilas wajah engan air bersih.

Mentimun

Mentimun merupakan suatu bahan yang dapat digunakan dlaam mencerahkan kulit, mentimun juga sama seperti bengkoang yang sudah banyak digunkaan sebagai produk kecantikan yang ada di pasaran. Cara penggunaan mentimun dapat dilakukan dengan menghaluskan blender , lalu aplikasikan mentimun secara merata pada wajah tunggu hingga kering dan setelah itu bilas dengan air bersih.

Putih Telur 

Putih telur merupaka bahan alami yang dapat mencerahkan kulit. Penggunaan masker putih telur kepada wajah snagat berguna bagi proses regenerasi sel kulit terutara pada jaringan sel kulit mati. Hal ini desebabkan oleh kendungan protein yang ada didlaam putih telur. Akan tetapi kekurangan dari bahan ini adalah baunya yang cukup amis bila dipakai. Cara penggunaannya adalah dengan memisahkan putih telur dengan kuningnya lalu aplikasikan putih telur pada permukaan wajah. Tunggu hingga kering lalu bilas wajah dengan sabun dan air bersih.

Kunyit 

Bahan alami terakhir yang dapat mencerahkan kulit wajah kusam adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit merupakan rempah-rempah yang memili banyak kasiat mulai dari bumbu dapur, penyedap rasa, menyembuhkan penyakit maag,mengurangi nyeri haid dan dapat mencerahkan kulit. Cara penggunaanya adalah campurkan secukupnya bubuk kunyit dengan sedikit air aduk sampai merata, setelah itu aplikasikan ke kulit yang diinginkan diamkan sampai cukup kering lalu bilas dengan sabun dan air. 

Perlu diketahui bahwa penggunaan kunyit pada kulit akan menyebabkan kulit menjadi kuning  terlebih dahulu, disarankan untuk menggunakan kunyit saat sedang libur agar warna kuning yang menempel pada kulit tiak menggangu ataupun menarik perhatian saat melakukan aktifitas sehari-hari. Demikian pembahasan artikel ini, semoga bermanfaat terimakasih banyak.