10 Perawatan Yang Ampuh Menangani Kulit Wajah Kering

Ulasyuk.com - Setiap orang pastinya tidak suka apabila memiliki kulit wajah yang kering. Kulit wajah kering dapat difaktori oleh beberapa hal ada faktor cuaca, faktor gen dan juga faktor usia. Faktor cuaca adalah dimana saat cuaca menjadi panas, cuaca yang panas akan mempengaruhi kelembapan kulit.

Begitupun dengan faktor gen ataupun faktor bawaan yang memang dari dasarnya kulit wajah seseorang memiliki tipe wajah yang kering, selanjutnya usia yang sudah mulai beranjak menua tidak dapat dipungkiri bahwa kulit wajahpun akan berangsur menjadi kering.

Ciri-Ciri Kulit Wajah Kering

Setelah mengetahui berbagai faktor penyebab kulit kering sekarang saatnya untuk membahasa baaimana ciri-ciri dari kulit wajah yang kering. Berikut ini akan dijelaskan beberapa ciri-ciri kulit wajah yang kering: 

Kulit Wajah Terasa Kaku

Ciri-ciri kulit kering yang pertama adalah kulit wajah terasa kaku, hal ini biasanya lebih cenderung terjadi dipagi hari saat seseorang baru bangun tidur. Saat kulit terasa kaku maka kulit wajah tidak seelastis biasanya dan saat berbicarapun terasa tiak enak. Biasanya kulit yang kering ini tedapat di bagian bawah wajah atau dibagian dagu.

Kasar 

Selanjutnya salah satu ciri-ciri kulit wajah yang kering adalah ditandai dengan kulit wajah yag kasar. Kulit yang kasar ini disebabkan oleh terlalu keringnya kulit wajah seseorang. Hal ini dapat dirasakan ketika saat meraba ataupun menyentuh kulit wajah.

Mengelupasnya Lapisan Kulit Wajah

Ini meruapan ciri-ciri wajah kering yang sangat mudah untuk diketahui karena mengelupasnya kulit wajah dapat dengan mudah dilihat oleh kita. Kulit wajah yang mengelupas merupakan gabungan dari keadaan kulit yang kering dan menjadi kasar ketika keadaan kulit menjadi sangat kering dan kasar makan kulit wajahpun akan terkelupas sedikit demi sedikit.

Cara Menangani Kulit Wajah Yang Kering

Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan oleh kita dalam menangani kulit wajah yang kering. Cara tersebut dapat dilakukan baik secara alami maupun dengan menggunakan produk kecantikan yang tersedia di pasaran. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara untuk menangani kulit wajah yang kering:

Memakai Tabir Surya

Tabir surya berfungsi untuk mencegah wajah terapar sinar matahari ataupun UV. Perlu diketahui sinar matahari memang baik untuk kesehatan kulit manusia akan tetapi terlalu sering ataupun banyak terpapar sinar matahari akan berdampak bagi kelembapan kulit, oleh karena hal tersebut dianjurkan untuk menggunakan tabir surya sebelum melakukan aktifitas sehari-hari. 

Menggunakan Pelembab Wajah

Pelembab wajah berfungsi untuk melembabkan kulit wajah kita, pelembab juga biasanya terdapat kandungan untuk menangkal sinar UV dari matahari. Penggunaan pelembab wajah sangat baik untuk mengembalikan kelembapan kulit wajah yang kering.

Menggunakan Masker Wajah 

Perawatan kulit kering selanjutnya daaah dnegan menggunakan masker wajah,ada berbagai macam jenis masker wajah mulai dari bahan alami maupu produk kecantikan lainnya. Dengan memakai masker wajah akan membantu kulit wajah yang kering mendapatkan kembali kelembapan wajahnya. 

Melakukan Perawatan Kulit Wajah

Terkadang seseorang merasa malas untuk melakukan perawatan wajah, akan tetapi tetap menginginkan wajahnya tidak kring dan sellau lembab. Perlu diketahui merawat wajah sangatlah penting karea dengan merawat wajah kita juga daat merawat dan menjaga kelembapan dna kesehatan kulit wajah kita. Untuk melakukan perawatan wajah dapat dilakukan di salon kecantikan ataupun dilakukan dengan mandiri seperti menggunakan tabir surya, pelembab, masker dan sabun pencuci wajah.

Mengkonsumsi Sayuran

Sudah sangat umum diketahui bahwa sayuran sangatlah baik bagi kulit manusia. Sayuran mengandung banyak serat dan vitamin lainnya yang sangat baik bagi kesehatan khususnya bagi kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi sayuran dapat membantu kita dalam mengatasi kulit wajah yang kering dan mengembaikan kelembapan wajah kita.

Minum Air Putih Yang Cukup

Selanjutnya melakukan perawatan wajah kering lainnya adalah dnegan meminum air putih yang cukup.air putih sangatlah dibutuhkan bagi tubuh kita karena sebagian besar dalam tubuh kita terdiri dari air. Dengan terpenuhinya kebutuhan air daam tubuh dapat menjaga kelembaan kulit wajah. Sebaliknya jika kebutuhan aka air putih tidak tercukupi maka kulit kita akan terasa kasar dan juga kering.

Mengoleskan Madu

Madu mempunyai khasiat untuk melembapkan, meredakan peradangan dan juga menyembuhkan beberapa luka kecil khususnya untuk masalh kulit wajah. Saat kulit menjadi kering, kaku dan juga mengelupas mengoleskan madu merupakan suatu langkah awal yang tepat untuk dilakukan. Karena manfaat yang telah disebutkan tersebut dapat menyembuhkan luka dan peradangan yang terjadi di kulit wajah yang kering.

Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya ataupun oleo vera memiliki sifat yang dingin dan juga lembab, oleh karena itu sangat baik untuk mengunkan lidah buaya pada kulit wajah yang kering. Lidah buaya ataupun produk dari lidah buaya juga cenderung sangat mudah untuk didapat. Degan mengoleskan oleo cera secara rutin ke wajah kita maka kulit yang kering akan berangsur sedikit demi sedikit berubah menjadi lembab kembali.

Menggunakan Mentimun

Perawtaan kulit wajah kering lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan mentimun, mentimun sama seperti lidah buaya yang memeiliki sifat lembab dan juga dingin. Mentimun juga memiliki khasiat untuk menghaluskan, memberi kesegaran pada kulit dan juga mencerahkan kulit wajah, maka daripada itu banyak sekali produk-produk kecantikan yang menggunakan ekstrak mentimun sebagai bahan dasar produknya.

Tidak Kasar Terhadap Kulit Wajah

Perawatan kulit wajah kering yang terakhir adalah dengan tidak kasar terhadap kulit wajah. Hal ini dimaksudkan untuk lebih lembut dalam merawat wajah kita. Sebagai contoh pijatlah wajah dengan lembut saat menggunakan sabun muka ataupun produk kecantikan wajah lainnya. Dan jangan lupa untuk tidak kasar dalam menyeka wajah dengan handuk. Sekaan yang kasar dapat merusak wajah khususnya dengan wajah dengan jenis kulit yang kering.

Untuk dapat menangai dan juga merawat kulit wajah yang kering ada banyak cara yang dapat digunakan seperti yang sudah dijelaskan diatas. Perlu diingat ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi keringnya kulit di wajah,akan lebih baik jika terlebih dahulu mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan kulit kita menjadi kering. Setelah mengetahui penyebabnya barulah melakukan perawat terhadap kulit yang kering. 

Untuk penggunaan produk-produk kecantikan yang dijual dipasaran dianjurkan untuk melakukan terter terlebih dahulu di baian kecil wajah sebelum mengaplikasikan produk tersebut keseluruh wajah, ini dilakukan untuk menghindari adanya efek alergi dari ketidak cocokan produk. Saat timbul efek alergi lebih baik untuk tidak melanjutkan roduk tersebut dan beralih kepada produk lain atau dengan menggunakan produk alami yang mudah didapat. Sekian artikel ini semoga bermanfaat, terimasih banyak.