Kalian Harus Tahu! Berbagai Mitos Diet yang Salah Kaprah

Ulasyuk.com - Kaum hawa sangat bersemangat untuk langsing karena banyak kaum hawa menginginkan tubuh yang ideal. Namun, tak jarang juga banyak yang melakukan diet dengan cara yang salah dan malah mengakibatkan tidak sehat bagi tubuh.

Kalian Harus Tahu! Berbagai Mitos Diet yang Salah Kaprah

Berat badan yang tinggi memang kadang menakutkan bagi para wanita karena mereka berpikir bahwa jika gemuk terlihat tidak cantik. Oleh karena itu kadang para wanita melakukan diet tanpa mengetahui cara-cara diet yang sehat dan tidak jarang banyak wanita yang termakan mitos-mitos mengenai diet.

Kali ini admin akan memberikan beberapa mitos diet yang salah kaprah dan tidak benar.

Mitos-mitos itu antara lain:

Karbohidrat bikin gemuk

Sebenarnya karbohidrat dapat terdiri dari 2 jenis yaitu sederhana dan kompleks. Untuk karbohidrat sederhana sendiri mengandung gula dan lemak jenuh. Berbanding terbalik dengan karbohidrat kompleks. Buah dan sayuran yang juga mengandung karbohidrat justru malah bisa membantu kalian dalam menjalani program diet dan menurunkan berat badan.

Makin lama beraktifitas, makin cepat berat badan turun

Memang tidak salah apabila kalian melakukan aktifitas yang berat atau olahraga berat dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, faktanya bukan mengenai lama aktivitasnya tapi bagaimana bobot aktivitasnya yang ditambahkan. 

Pola makan ekstra ketat

Jika kalian berniat diet maka harus menjaga pola makan sehat untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh. Banyak yang salah kaprah dan membatasi makan dalam sehari padahal kalian hanya perlu merubah pola makannya saja. 

Melewatkan jam makan

Banyak yang salah kaprah dalam diet yaitu melewatkan jam makan. Banyak yang beranggapan jika melewatkan jam makan akan lebih cepat membakar lemak tp malah sebaliknya jika kalian melewatkan jam makan malah akan memperlambat metabolisme akibatnya bukan membakar lemak malah akan menimbun lebih banyak lemak.

Miskonsepsi mengenai vegetarian

Banyak sekali kaum hawa yang beranggapan bahwa jika mereka merubah pola makan menjadi vegetarian dapat mempercepat proses penurunan berat badan. Memang persepsi ini tidak sepenuhnya salah namun kalian juga tetap harus memperhatikan jumlah kalori yang kalian konsumsi. Jadi tidak serta merta hanya makan sayur saja. 

Daging membuat gemuk

Sebenarnya daging tidak membuat gemuk apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebih. Karena jika daging dikonsumsi dalam jumlah yang cukup justru akan membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan. Tapi jika dikonsumsi berlebih maka akan meningkatkan berat badan.

Metabolisme buruk tidak dapat diperbaiki

Sering sekali menemukan anggapan bahwa jika metabolisme buruk tidak dapat diperbaiki melalui olahraga. Padahal anggapan ini berbanding terbalik justru orang yang melakukan olahraga dapat memperbaiki sistem metabolisme yang buuruk.

Minum air untuk menurunkan berat badan.

Air adalah kebutuhan tubuh. Karena di dalam tubuh kita itu 60% nya air. Salah jika kalian beranggapan minum air putih dapat menurunkan berat badan. Karena, dengan meminum air putih tubuh akan tetap terhidrasi dan membuat orang kenyang tanpa mengubah kalori.

Angkat besi apakah hanya untuk hinaragawan??

Semua orang boleh angkat beban karena itu dapat memperkuat otot dan membakar kalori dan lemak yang tersimpan.

Makan larut malam bisa bikin gemuk

Jika terbangun tengah malam dan lapar kalian pasti harus mengisi perut untung menghilangkan rasa lapar. Jika kalian mengemil kue kering maka itu menimbulkan kenaikan berat badan namun jika kalian mengkonsumsi makanan sehat seperti susu skim maka itu tidak hanya memuaskan rasa lapar tapi juga membantu menurunkan berat badan.