Cara Ampuh Mengatasi Asam Lambung di Rumah Secara Alami

Ulasyuk.com - Asam lambung adalah penyakit yang diakibatkan karena katup antara kerongkongan dan lambung melemah dan mengalami gangguan. Kondisi seperti ini biasa disebut dengan GERD (gastroesophageal reflux disease).

Cara Ampuh Mengatasi Asam Lambung di Rumah Secara Alami
Cara Ampuh Mengatasi Asam Lambung di Rumah Secara Alami

Beberapa gejala yang dialami ketika asam lambung seperti dada terasa sakit, nyeri di bagian ulu hati, sulit untuk menelan makanan, mulut terasa asam atau pahit, mual dan tidak nafsu makan.

Cara mengobati asam lambung di rumah

Penyakit asam lambung yang masih ringan ternyata masih bisa kita tangani sendiri dirumah tanpa harus ke dokter, beberapa bahan-bahan alami yang dapat mengobati asam lambung antara lain:

Jahe

Tanaman jahe ternyata mengandung sifat anti radang yang dapat secara alami mengobati nyeri pada ulu hati. Selain itu, ternyata jahe juga bisa mengatasi masalah pencernaan lain seperti, perut kembung dan mual. Untuk pengolahannya sangat mudah, kalian hanya perlu merebus jahe dan meminum airnya atau kalian juga bisa membeli minuman jahe yang ada di sekitar wilayah kalian.

Akar Manis

Akar manis mengandung zat licorice yang bersifat antioksidan dan antiradang sehingga dapat mengurangi pembengkakan serta luka yang ada di lambung akibat asam lambung.

Akar Marshmallow

Akar marshmallow mengandung banyak zat yang bermanfaat untuk meredakan batuk, menyembuhkan luka pada lambung, kerongkongan, serta mengatasi terjadinya infeksi. Selain itu, tanaman ini juga dipercaya dapat melindungi dinding lambung agar tidak mudah terkena luka.

Bukan hanya untuk asam lambung, tanaman ini juga dapat digunakan untuk penyakit seperti diare, peradangan lapisan lambung, konstipasi, sera nyeri di saluran pernapasan.

Teh Chamomile

Teh chamomile biasa digunakan untuk pereda nyeri ulu hati dan perut, mual dan muntah. Tetapi secara tradisional teh chamomile juga digunakan untuk para pengidap penyakit susah tidur.

Walaupun beberapa obat herbal di atas dapat mengurangi rasa sakit pada asam lambung tetapi masih perlu di uji untuk keefektifan dan khasiatnya secara medis.

Untuk mencegah terjadinya asam lambung, admin menyarankan buat kalian untuk memakan makanan yang dapat mencegah asam lambung seperti :
  • Sayuran hijau.
  • Roti gandum.
  • Buah-buahan yang tidak asam.
  • Daging tanpa lemak.
Adapun untuk tips menghindari asam lambung dengan menjaga pola hidup sehat seperti :
  • Menghindari makanan atau minuman yang dapat mengakibatkan asam lambung.
  • Berhenti merokok.
  • Jangan menggunakan pakaian yang ketat dan menekan lambung.
  • Tidur yang cuku dengan 7-9 jam sehari
  • Posisi tidur yang tepat yaitu krpala berada di atas dada.
Hal ini dapat kalian terapkan di rumah ketika mengalami asam lambung. Namun, jika kalian memang punya riwayat asam lambung atau sudah mengidap asam lambung dengan kurun waktu yang lama, maka kami sarankan agar datang ke dokter untuk memeriksanya.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam menyelesaikan masalah asam lambung.